Selasa, 11 Januari 2011

Buah Naga

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, buah naga adalah alternatif baru dalam dunia pengobatan. Buah ini memang disinyalir memiliki banyak khasiat dan amat bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagaimana dengan anda? Sudahkan anda memanfaatkan buah naga untuk kesehatan? Di bawah ini akan diuraikan sekilas mengenai buah naga dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan.


Bentuk Tanaman Buah Naga


Buah naga disebut juga sebagai kaktus manis, bahkan ada yang menyebut sebagai kaktus madu. Dan memang benar bahwa buah ini baru dikembangkan dan memiliki potensi pasar yang semakin meningkat beberapa tahun terkahir ini. Mengapa disebut kaktus? Tentu saja karena ciri-ciri tanaman yang memang masuk dalam keluarga kaktus dengan karakteristik utama berupa duri pada setiap ruas batangnya.

Pada dasarnya, ada empat macam buah naga. Yang pertama adalah buah naga yang berdaging putih atau nama latinnya Hylocereus undatus, daging merah atau disebut juga Hylocereus polyrhizus, daging super merah (Hylocereus costaricensis) dan juga kulit kuning dengan daging putih yang dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Selenicerius megalanthus.

Hal yang unik adalah namanya yang berbeda-beda di setiap negara. Di Cina, buah naga disebut sebagai Feuy Long Kwa dan di Thailand disebut Kaew Mangkorn. Orang Meksiko menyebutnya dengan nama Pitahaya dan penduduk Hawaii akan berkata “Melano” untuk menyebut buah ini. Secara internasional, buah naga disebut sebagai Dragon Fruit, walaupun di Australia sering juga disebut sebagai Rhino fruit.

Khasiat Buah Naga


Secara umum, buah naga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan gula darah. Selain itu, konsumsi buah naga bisa membantu pencegahan kanker dan bisa melindungi kesehatan mulut.

Apa lagi manfaat buah naga? Jika anda menderita sembelit, buah ini adalah obat yang mujarab. Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi akan terbantu dengan konsumsi buah ini secara teratur. Selain itu, mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang, licin dan halus kulit wajah.

Kandungan Gizi Buah Naga

Zat apa saja yang terkandung dalam buah naga sehingga buah tersebut bermanfat bagi kesehatan? Secara umum, kandungan yang ditemukan dalam buah ini adalah berupa potasium, protein, ferum, serat, kalsium dan sodium. Kandungannya akan zat-zat tersebut cukup tinggi dan tidak kalah bila dibandingkan dengan buah-buahan import. Kita bisa mengolahnya atau memakannya begitu saja, tergantung selera. Sebagai buah segar yang menghilangkan dahaga, kandungan airnya cukup besar, mencapai 90 % dari berat buah. Rasanya manis dan bisa juga disajikan dalam bentuk jus, selai, manisan, sari buah,dan sebagainya.

Kandungan vitamin pada buah naga juga besar dan beragam. Secara umum, buah naga mengandung vitamin B1 yang amat baik untuk mencegah demam badan. Selain itu, vitamin B2 juga terkandung dalam buah ini dan bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Sedangkan vitamin B3 membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Setelah mengetahui manfaat buah naga, masihkah anda ragu untuk memasukkannya dalam daftar menu anda sehari-hari?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright practice a healthy lifestyle All Rights Reserved
Powered by Home Recordings
ProSense theme created by Dosh Dosh and The Wrong Advices.
Blogerized by ExTemplates.com Blogger Templates.